Hai !!! Selamat bergabung di PortalKesehatan. Semoga bermanfaat untuk semua..

Listrik dan Kelistrikan

Listrik dan Kelistrikan. Kebutuhan manusia akan energi banyak tidak dapat di pisahkan dari listrik. Bisa di bilang, listrik adalah jantung dan nadi kehidupan modern. Tanpa listrik, kehidupan tidak akan semudah sekarang ini. Segala sesuatu yang kita lakukan mendapat bantuan dari listrik. Saat malam menjelang, lampu listrik menerangi kegelapan. Saat kita ingin image merebus air, ketel listrik otomatis akan memasakan air untuk kita. Saat ingin bepergian, motor listrik dapat menjadi kendaraan kita, dan lain sebagainya. Begitu bergantungnya manusia terhadap energi listrik, sehingga jika tidak tercukupi dengan baik akan menyebabkan keruwetan dan terhentinya roda kesibukan dunia.

Menurut Kamus Q – Pengertian dan Definisi, Listrik adalah salah satu bentuk energi yang dihasilkan dari pertikel-pertikel bermuatan yang di sebut elektron. Listrik dihasilkan dari sebuah generator yaitu sebuah alat yang dapat merubah energi lain gerak menjadi energi listrik. Sebagai sumber listrik, generator membutuhkan pembangkit. Pembangkit listrik banyak sekali jenisnya. Untuk mengetahui macam-macam pembangkit listrik silah baca di SINI.  Kemudian dari sumbernya listrik didistribusikan ke konsumen menggunakan kawat penghantar, sehingga dapat dimanfaatkan oleh kita. Selain genertaor Listrik juga dapat di hasilkan melalui rekasi kimia atau dari aksi cahaya.

Listrik sangat bermanfaat bagi manusia karena energi yang dai hasilkan dapat di ubah menjadi bentuk energi lain sehingga bersifat fleksibel. Alat yang bisa mengubah energi listrik menjadi energi bentuk lain diataranya adalah:

  • Motor listrik, mengubah energi listrik menjadi energi gerak.
  • Alat pemanas, merubah energi listrik menjadi energi panas.
  • Lampu mengubah energi listri menjadi energi cahaya, dll.

Berdasarkan bentuk listrik di bedakan menjadi 2, yaitu:

Berdasarkan arah arusnya, listrik juga di bedakan menjadi 2, yaitu:

loading...
Loading...
Loading...